6 Kota Yang Terancam Hilang Dari Muka Bumi

Akibat dari pemanasan global sekarang ini membuat bumi semakin panas dan menyebabkan es di kutub cepat mencair. Daratan akan tenggelam diakibatkan volume air laut yang semakin bertambah. Hal ini disebabkan oleh kondisi alam yang rusak dan tata ruang atau infrastruktur yang buruk.

Pembangunan yang tidak mempertimbangkan faktor ekologi lingkungan dan hanya sedikit ruang terbuka hijau menjadi penyebabnya. Para ahli menyatakan beberapa kota di dunia akan tenggelam yang diakibatkan oleh dampak ini. Kota-kota apa sajakah itu? Berikut ini 6 kota didunia yang diprediksikan akan tenggelam.


Bangkok, Thailand

Bangkok, Thailand

Bangkok, Thailand adalah salah satu kota dengan perkembangan terpesat karena didukung dengan ekonomi yang dinamis dan progresif di Asia Tenggara. Dibalik perkembangan yang cukup pesat pada tahun 2100 yang akan datang, Bangkok diprediksi akan menjadi kota Atlantis kedua. Ibu kota Thailand itu diprediksi akan tenggelam yang disebabkan beberapa faktor yaitu, perubahan iklim, efek rumah kaca, pergeseran tanah, dan naiknya permukaan air laut.

Beberapa ahli mengatakan tingkat ketinggian air laut akan semakin meningkat 25-30cm pada tahun 2050 yang akan datang. Pada tahun 1970 yang lalu tanah di kota Bangkok mengalami penurunan sampai 10cm. Hal utama yang menyebabkan tenggelamnya kota Bangkok adalah pembangunan gedung-gedung, pabrik, dan pertumbuhan penduduk.


Venezia, Italia

Venezia, Italia

Kota Venezia adalah salah satu kota eksotik di Italia yang merupakan kota industri dan tujuan wisata kelas dunia. Kota yang berada dibagian utara Italia ini dikelilingi rumah-rumah dan gedung-gedung dan terkenal dengan sarana transportasi air yaitu gondola.

Namun keberadaan kota dengan julukan kota apung ini diperkirakan akan tenggelam sangat cepat karena kota ini mulai miring ke timur yang diakibatkan oleh banjir yang terjadi sebelumnya. Bagian Utara dari Venezia sekarang mulai terendam banjir air laut 2-3mm setiap tahunnya. Permukaan laut tersebut terus meningkat yang disebabkan mencairnya gletser dan es.


Meksiko, Meksiko

Meksiko, Meksiko

Negara yang terletak di Amerika Utara ini merupakan Negara terbesar ketiga di Amerika Latin dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia. Kota yang paling banyak dikunjungi turis pada tahun 2007 ini terancam akan tenggelam. Penyebabnya kota ini berada diatas daratan yang tidak terlalu kokoh dan beresiko tenggelam 2cm setiap tahunnya.

Pada tahun 2004-2006 dibagian timur kota meksiko mengalami penurunan sebesar 30cm pertahun. Salah satu penyebabnya adalah pengambilan air tanah terus menerus dengan jumlah banyak dan mengakibatkan lapisan tanah dikota meksiko pecah.


New York, Amerika Serikat

New York, Amerika Serikat

Kota New York diperkirakan akan tenggelam dan menghilang yang diakibatkan oleh pemanasan global. Kota yang berhadapan dengan sungai Hudson yang airnya mengarah ke Samudra Atlantik ini perlahan-lahan akan mengalami resiko kerusakan akibat dari naiknya permukaan air laut dan badai tropis dahsyat.

Menurut para ahli, tingkat kenaikan permukaan air laut di kota New York diperkirakan akan meningkat 2x lebih cepat dibanding kenaikan permukaan air diseluruh dunia. Itu menandakan kota New York akan tenggelam lebih dulu dibanding seluruh negara bagian Amerika Serikat lainnya.


Shanghai, China

Shanghai, China

Shanghai merupakan salah satu kota yang mengalami perkembangan pesat selama beberapa tahun terakhir dan juga merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia bersama dengan Singapura dan juga Rotterdam, Belanda. Namun kemajuan kota ini tidak didukung dengan struktur dan kontur tanah yang baik.

Struktur tanah yang pada awalnya rawa kini dipenuhi dengan bangunan-bangunan pencakar langit yang menyebabkan permukaan tanah di kota Shanghai menurun setengah inci setiap tahunnya. Pada tahun 2012 tercatat kota ini memiliki 23 juta penduduk dan terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini berimbas pada banyaknya bangunan pencakar langit yang ada disana.


Mumbai, India

Mumbai, India

Mumbai adalah salah satu kota besar di India yang merupakan negeri dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia dan juga area metropolitan terbesar keempat di dunia dengan populasi lebih dari 20 juta jiwa. Kota ini juga dihiasi oleh gedung-gedung tinggi seperti kota-kota metropolitan pada umumnya di dunia. Tetapi beberapa tempat terlihat kumuh dan kotor serta terlihat sampah dibeberapa sudut jalan dikota Mumbai.

Sama seperti kota Bangkok, kota Mumbai akan diprediksi menjadi lautan pada tahun 2100 mendatang. Pada tahun 2008, kelompok aktifis dari organisasi lingkungan global, memperkirakan Mumbai akan tenggelam oleh air laut yang naik sampai 5 meter yang disebabkan mencairnya es di kutub.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *