Fenomena Bencana Alam Paling Dahsyat Sepanjang Masa

Fenomena alam yang biasanya terjadi memang merupakan sebuah kejadian yang tidak ada satu orang pun tau kapan dan dimana akan terjadi. Bukan peristiwa biasa, fenomena bencana alam sering mengakibatkan adanya kerusakan infrastruktur . Bahkan sampai mengakibatkan banyaknya korban jiwa yang berjatuhan.

Dimana saja dan sedahsyat apakah fenomena bencana alam yang terjadi. Berikut ini rangkuman beberapa fenomena-fenomena bencana alam paling dahsyat sepanjang masa uang pernah terjadi.


Banjir Bandang, Venezuela

Bencana Alam Paling Dahsyat Sepanjang Masa
Banjir Bandang, Venezuela

Pada Desember 1999 di wilayah Venezuela Utara mengalami hujan deras selama berhari-hari dan mengakibatkan banyak sekali sungai meluap dan juga gelombang air laut yang tinggi mengirim air kedaratan. Tidak cuma air, banjir ini juga sudah bercampur dengan lumpur. Banyak sekali orang yang tidak bisa menyelamatkan diri dari banjir karena terisolasi.

Akibat banjir ini, banyak bangunan yang rusak dan menderita kerugian $3.5 Miliar atau 9.5 Triliun Rupiah. Jumlah korban jiwa akibat bencana ini diperkirakan lebih dari puluhan ribu orang dan banyak juga korban yang hilang.


Tsunami Aceh, Indonesia

Bencana Alam Paling Dahsyat Sepanjang Masa
Tsunami Aceh, Indonesia

Peristiwa Tsunami yang diawali dengan gempa besar ini berujung dengan tewasnya korban 230 ribu jiwa. Di Aceh sendiri tercatat 170 ribu korban meninggal dunia. Jutaan rumah hancur akibat gempa dan terjangan gelombang Tsunami. Bukan cuma di Aceh, gelombang Tsunami juga menerjang beberapa titik pantai Sri Lanka, India, Dan juga Thailand.

Pemicu terjadinya Tsunami Aceh karena gesekan lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia. Gempa ini berpusat didasar laut dengan kekuatan 9.0 SR pada kedalaman 10Km ini termasuk gempa dangkal namun menimbulkan gelombang Tsunami. Tinggi gelombang Tsunami diperkirakan setinggi 30 Meter dan kecepatannya mencapai 360 Km/Jam.


Letusan Gunung Pelee, Perancis

Bencana Alam Paling Dahsyat Sepanjang Masa
Letusan Gunung Pelee, Perancis

Letusan gunung berapi memang merupakan salah satu bencana alam yang sangat dahsyat. Material yang keluar dari letusan tersebut bisa berdampak sangat serius. Seperti meratakan disekitar wilayah gunung berapi sampai jatuhnya korban jiwa hingga berjumlah puluhan ribu jiwa.

Salah satu gunung berapi yang letusannya berdampak sangat serius adalah Gunung Pelee yang terletak di kota St. Pierre, Perancis. Letusan gunung berapi ini merupakan letusan gunung terparah di abad ke-20. Pada tanggal 8 Mei 1902, material gunung berapi itu menerjang kota St. Pierre dan membuat kota itu rata dengan tanah. Bangunan-bangunan megah disana habis disapu lahar dan menjadi puing-puing sampah. Lebih dari 30.000 penduduk tewas karena luka bakar.

Dari seluruh warga kota hanya tersisa 3 orang saja yang berhasil selamat dari peristiwa maut ini. Usai kejadian letusan tersebut, St. Pierre kini menjadi sebuah desa dan berubah menjadi sebuah daerah pariwisata. Gunung Pelee pun kabarnya kini sudah tidak aktif lagi.


Letusan Gunung Tambora, Indonesia

Bencana Alam Paling Dahsyat Sepanjang Masa
Letusan Gunung Tambora, Indonesia

Letusan gunung yang lebih dahsyat dari gunung Pelee berasal dari Indonesia yaitu Gunung Tambora. Letusan gunung ini sangat dahsyat pada tahun 1815. Bahkan akibat letusan tersebut sampai mengakibatkan cuaca ekstrim yang melanda bumi.

Letusan tersebut terjadi pada tanggal 10 April 1815, seluruh isi perut gunung seperti keluar, dan bunyi letusannya terdengan hingga pulau Sumatra. Karena letusan ini Gunung Tambora yang dulunya setinggi 4300 meter dibawah permukaan laut sekarang tersisa 2772 meter dibawah permukaan laut. Karena ledakannya yang sangat dahsyat, peristiwa ini menelan korban jiwa hingga 71 ribu orang.


Tri-State Tornado, Amerika

Bencana Alam Paling Dahsyat Sepanjang Masa
Tri-State Tornado, Amerika

Tornado merupakan salah satu fenomena alam peling mengerikan. Tornado biasanya memiliki kecepatan angin 177 Km/Jam. Tapi juga terdapat beberapa tornado besar mencapai kecepatan lebih dari 400 Km/Jam memiliki lebar lebih dari 1 Mil. Tornado umumnya terjadi Amerika Serikat, Selatan Kanada, Amerika Latin, Afrika Selatan, Australia, Dan Selandia Baru.

Salah satu negara yang paling sering terjadinya tornado, tornado paling dahsyat pernah terjadi di Amerika Serikat pada 18 Maret 1925 yaitu Tri-State Tornado. Tri-State Tornado adalah tornado paling mematikan yang terjadi di Amerika Serikat. Tornado ini terjadi selama 3.5 jam dan menewaskan 700 orang dan mengancurkan lebih 15 ribu rumah.


Tornado Api, California

Bencana Alam Paling Dahsyat Sepanjang Masa
Tornado Api, California

Kejadian ini berawal dari kebakaran hutan di California menjadi sangat mengerikan pada juli 2018. Angin kencang membentuk tornado api yang membakar pohon-pohon dan membalikkan mobil-mobil. Fenomena alam yang langka ini menewaskan 2 orang dan lebih dari puluhan ribu orang mengungsi dari rumah mereka.

Bencana ini telah menghancurkan lebih dari 500 struktur dan ribuan rumah. Pusaran tornado api itu terbentuk saat udara panas mulai berputar dan menaikan api dan membakar serpihan pohon. Tornado api dapat mencapai puluhan meter dan suhu lebih dari 1000 derajat celcius.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *